Thursday, December 7, 2017

Tips Mengatasi Ac Yang Sering Di Masuki Tikus

Tips Mengatasi Ac Yang Sering Di Masuki Tikus | Belajar Ac Rumah - Pernahkah kamu mendengar bahwa sebuah ac bisa dimasuki tikus? Atau mungkin kamu pernah mengalami ini. Sebagai seorang teknisi ac tentunya saya pernah mengalami. Mendapatkan panggilan order ac dengan keluhan mati total, dan ketika di cek ternyata banyak kabel yang putus karena digigit oleh tikus.

Baca juga : cara mengatasi ac mati total


Tips Mengatasi Ac Yang Sering Di Masuki Tikus
sumber gambar : dreamstime.com

Waktu pertama kali mengalami ini sebenarnya saya cukup kaget, bagaimana mungkin tikus bisa masuk ke dalam ac, khususnya bagian indoor. Bukankah posisi ac cukup tinggi ? jadi dari mana tikus itu bisa naik lalu masuk ke dalam ac.

Ternyata begitu memeriksa bagian outdoor dan melihat kondisi pipa ac, baru diketahui bahwa tikus tersebut naik melalui pipa ac lalu masuk ke dalam celah lubang yang dipakai untuk jalur pipa masuk (pipa antara indoor dan outdoor - bobokan tembok tempat pipa masuk)

Lalu jika sudah begini apakah ada cara agar si tikus tersebut tidak kembali masuk kedalam ac ?

Tentu saja ada cara agar tikus tidak kembali masuk ke dalam ac, yaitu dengan menutup celah lubang tempat pipa ac masuk. Jika kamu merasa lubang tempat pipa di tembok terlalu besar, maka kamu bisa menutupnya dengan menggunakan semen putih. Bisa juga ditutup dengan tumpukan kertas koran atau sumpelan baju bekas.

Namun sebaiknya menggunakan semen putih, agar tikus tidak bisa menembus lubang tersebut. Karena jika hanya menggunakan kertas koran atau kain sebagai penutup lubang, bisa saja si tikus tadi menggigiti koran atau kain tersebut.

Cara lainnya adalah meletakan posisi outdoor lebih tinggi sehingga tidak ada tikus yang bisa menjangkaunya. Terutama untuk instalasi pipa, usahakan gunakan jalur yang kira-kira tidak ada tikusnya.

Demikian tips mengatasi ac yang sering di masuki tikus, semoga dapat bermanfaat.

3 comments:

Powered by Blogger.