Thursday, November 30, 2017

Cara Mengatasi Ac Mati Total

Cara Mengatasi Ac Mati Total

Cara Mengatasi Ac Mati Total | Belajar Ac Rumah - Sebagian pengguna ac pernah mengalami kejadian ini, tiba-tiba ac mendadak mati. Apapun keluhannya, jika ac mengalami kerusakan sudah pasti akan mengganggu kenyamanan, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan ac.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat ac mati. Seperti disebabkan oleh colokan ac yang rusak, remote tidak berfungsi dan yang paling parah adalah kerusakan main PCB atau modul. Jika anda mengalami permasalahan ini sebaiknya untuk memeriksa beberapa bagian yang berhubungan dengan kelistrikan ac.


Berikut ini dua penyebab yang membuat ac mati total ( biasanya) :

1. Konsleting
2. Tegangan tinggi dan juga rendah

Konsleting listrik sangat berbahaya untuk ac, biasanya jika konslet terjadi maka fuse akan putus. Sedangkan untuk tegangan biasanya disebebakan oleh kelistrikan rumah atau bangunan yang tidak stabil. Untuk rumah listrik yang tidak stabil anda bisa menganalisanya dengan melihat lampu-lampu dirumah anda. Jika lampu berkedip atau suka redup, kemungkinan listrik rumah anda tidak stabil.

Bagaimana cara mengatasi ac motal ? Berikut penjelasannya :

1# Cek Colokan Ac

Hal pertama kali yang harus anda periksa adalah dengan melihat colokan ac. Buka colokan ac dan lihat apakah kabel didalam colokan masih tersambung dengan baik. Jika ac anda menggunakan colokan kaki tiga, maka sebaiknya anda memeriksa fuse colokan.

Fuse merupakan komponen kecil berbentuk bulat memanjang dengan ukuran kecil dan terdapat tembaga tipis. Guna serabut tembaga itu adalah sebagai pelindung jika sewaktu-waktu ac mengalami konsleting. Nah jika tembaga tipis ini putus, maka otomatis arus listrik juga akan terputus.

Note : Periksa juga kabel listrik ac, mungkin juga ac mengalami putus kabel

Kembali ke colokan dan fuse. Jika colokan bermasalah atau fuse putus, sebaiknya anda mengganti colokan dengan yang baru. Atau bisa juga hanya diganti fuse-nya saja.

2# Cek Arus Listrik

Anda juga perlu untuk mengecek arus listrik. Gunakan tespen apakah arus listrik dikabel power menyala?  Jika tidak maka kemungkinan ada masalah di listrik power, biasanya kabel instalasi power putus. Jika posisi untuk mengecek kabel power sulit (seperti diatas plafon) maka sebaiknya menggunakan alternatif lain seperti menggunakan kabel roll atau sumber listrik lainnya.


3# Kerusakan PCB modul

Jika colokan dan arus listrik ketika dicek tidak mengalami masalah, kemungkinan Main Pcb Module pada ac mengalami kerusakan. Di PCB modul juga terdapat fuse, sebaiknya anda terlebih dahulu memeriksa fuse yang terletak di mainboard PCB module, mungkin fuse-nya putus.

Jujur saja untuk mengatasi permasalahan PCB module sedikit agak sulit, terutama bagi anda yang tidak menguasai cara perbaikan ac. Untuk mengatasi ini carilah tukang service ac yang telah berpengalaman (tidak semua tukang ac menguasai perbaikan module).

4# Remote Dan Sensor Ac

Anda juga sebaiknya memeriksa remote dan sensor ac. Untuk memeriksa kondisi remote ac anda bisa menggunakan cara ini ( cara cek remote ac yang rusak gunakan media kamera pada ponsel ). Namun jika sensor ac yang mengalami masalah sebaiknya anda mengganti sensor ac anda dengan yang baru.

Note : Ketika mengganti sensor, harus yang sama

Demikian tadi cara mengatasi ac motal yang bisa saya bagikan, semoga dapat bermanfaat.


1 comment:

Powered by Blogger.