Wednesday, August 31, 2016

Mengatasi Kompresor Ac Yang Panas

Mengatasi Kompresor Ac Yang Panas
Mengatasi Kompresor Ac Yang Panas


Mengatasi Kompresor Ac Yang Panas - Dari sekian banyak permasalahan pada Ac, panas yang berlebih pada kompresor termasuk keluhan Ac yang terbilang cukup berat. Walaupun terdapat protector overload pada kompresor namun hal ini tidak menjamin kompresor akan aman dari kerusakan, justru panas kompresor inilah yang akan menjadi penyebab kerusakan pada overload protector.

Biasanya panas yang berlebih dapat disebabkan oleh ampere kompresor yang tidak stabil atau tinggi. Dan penyebab ampere kompresor tinggi juga dapat di sebabkan oleh beberapa faktor.

Lalu bagaimana cara mengatasi kompresor Ac yang panas ? berikut ini penjelasannya.

LAKUKAN PENDINGINAN KOMPRESOR DENGAN LAP BASAH (KOMPRES)
Banyak teknisi Ac yang melakukan hal ini jika menemukan keluhan kompresor panas. Anda hanya perlu melepaskan cashing outdoor Ac dimana tempat kompresor berada, kompreslah kompresor dengan kain basah sampai benar-benar dingin. Jika perlu lepaskan sekat pembatas yang memisahkan kompresor dengan bagian fan motor, cara ini sangat berguna agar angin dari fan motor dapat langsung mendinginkan kompresor ketika beroperasi.

BUANG SEDIKIT FREON AC

Panas pada kompresor juga dapat disebabkan oleh tekanan freon yang tinggi, sebenarnya tingginya tekanan bukan karena freon, namun lebih disebabkan karena banyaknya angin yang tedapat di sirkulasi dalam. Oleh karena itu pembuangan sedikit freon dapat mengurangi tekanan pada sistem kerja kompresor, ini akan membuat ampere kompresor lebih rendah.

GANTI KAPASITOR DENGAN YANG BARU
 

Kapasitor juga dapat membuat ampere pada kompresor lebih tinggi, ingat! salah satu penyebab kompresor panas dapat di sebabkan oleh tingginya ampere. Namun ada baiknya lakukan pengecekan kapasitor menggunakan multy tester agar pengukuran atau pengecekan lebih akurat. Jika kapasitor rusak atau lemah, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.
 

CUCI OUTDOOR UNIT TERUTAMA PADA BAGIAN PIPA KONDENSOR
 

Pipa kondensor bekerja untuk membuang panas pada kompresor, jika kisi-kisi pada pipa kondensor terlalu kotor, maka dapat mengakibatkan kompresor cepat panas, ini diakibatkan karena hawa panas yang tidak dapat di buang dengan sempurna oleh kipas pada outdoor Ac.

JIKA LANGKAH DI ATAS TIDAK BERPENGARUH, SEGERA HUBUNGI TUKANG SERVICE AC
Ini langkah terakhir yang harus Anda lakukan, biarkan tukang service Ac membantu Anda. Jika masih juga tetap panas, berarti kompresor Anda sudah lemah dan sudah tidak dapat digunakan, segera ganti kompresor dengan yang baru. Semoga tulisan tentang " Mengatasi Kompresor Ac Yang Panas" dapat bermanfaat.

8 comments:

  1. Mantap ulasanya cukup simpel dan jelas

    ReplyDelete
  2. Tanya gan...klo compresor panas sampe over loadnya leleh itu maslahnya dimana ? Thx

    ReplyDelete
  3. Tanya gan...klo compresor panas sampe over loadnya leleh itu maslahnya dimana ? Thx

    ReplyDelete
  4. Tanya gan...klo compresor panas sampe over loadnya leleh itu maslahnya dimana ? Thx

    ReplyDelete
  5. Tanya gan...klo compresor panas sampe over loadnya leleh itu maslahnya dimana ? Thx

    ReplyDelete
  6. Bg mau tanya kalo ac standing 5pk pius/skring nya putus terus dan kompresor nya panas itu masalah nya apa bh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.