Wednesday, August 31, 2016

Ac Dengan Freon R32 , Apakah Wajib Vacuum ?

Ac Dengan Freon R32 , Apakah Wajib Vacum ?
Ac dengan freon R32 wajib di vacum

Apakah wajib jika Ac dengan freon R32 di vacuum ? Apakah diharuskan ? Pertanyaan ini muncul dari beberapa rekan saya yang berprofesi sama  (teknisi Ac). Jika sebelumnya saya belum dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh rekan saya itu, dikarenakan pertanyaan ini di lontarkan ketika Ac ber-freon R32 baru saja keluar, sehingga saya masih belum banyak mengetahui tentang bagaimana sebenarnya prosedur pemasangan Ac berjenis freon R32 ini secara baik dan benar..  Namun saat ini akan saya jawab sesuai dengan apa yang sudah saya ketahui, dan semoga dapat menambah wawasan bagi Anda.

Jadi begini, freon R32 memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap air dan debu (kotoran). Sangat beresiko jika pemasangan Ac jenis ini dilakukan tanpa vacuum. Saya sendiri pernah mengalami kendala pada saat pemasangan Ac berjenis freon R32. Saat itu tanpa vacuum saya langsung memasangnya, dan alhasil tiga hari kemudian pelanggan menghubungi saya dan mengatakan bahwa Ac yang tiga hari lalu saya pasang sudah tidak dingin atau mengalami masalah.

Ketika saya periksa ternyata kompresor pada Ac mengalami overload, kompresor bekerja dan beberapa detik kemudian mati. Saya putuskan untuk menghubungi toko dimana Ac itu di beli. Namun saya malah disarankan untuk menghubungi pihak dari merk Ac tersebut. Setelah berkonsultasi, ternyata masalah kompresor overload disebabkan oleh pemasangan Ac yang salah. Proses vacuum sangat di perlukan untuk membuat pipa hampa udara dan menghisap kotoran serta menghilangkan sisa air pada pipa jika memang ada air didalamnya. Pemasangan tanpa vacuum dapat menimbulkan sebuah masalah pada sistem kerja Ac.

Dan yang lebih diharuskan lagi, adalah pipa Ac untuk freon R32 haruslah memiliki ketebalan pipa 0,6mm, yang berarti lebih tebal dari ketebalan pipa untuk freon R22, yang hanya memiliki ketebalan 0,5mm. Ternyata selain proses vacuum, ketebalan pipapun harus kita perhatikan.

Lalu dapat disimpulkan, bahwa Ac dengan freon R32 wajib di vacuum. Ini merupakan prosedur pemasangan yang tidak boleh kita sepelekan. Jika Anda tetap memasang tanpa proses vacuum, maka bersiaplah Ac yang Anda pasang akan rusak dan garansi produk tidak akan berlaku dikarenakan kesalahan pada proses pemasangan.

Sudah melihat jawaban saya bukan ? lalu bagaimana dengan proses pemasangan yang Anda lakukan ? Di vacuum atau tidak merupakan resiko Anda sendiri. Bagaimana dengan saya ? saya sih menyarankan untuk di vacuum. Bukankah lebih baik bekerja dengan aman, bukankah profesionalisme dalam berkerja sangat di butuhkan, jangan buat pelanggan Anda kecewa, bekerjalah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Semoga tulisan ini bermanfaat.

13 comments:

  1. sangat bermanfaat ilmunya.kbetulan jg di alami oleh sy,baru beli ac yg berfreon r32 pemakaian blum ada sebulan sdh tidak dingin ,karena waktu pemasangan tidak divacum dan rupanya pipa yg digunakan dibawah standart...
    terus bagaimana caranya pak, langkah perbaikan jika sudah terlanjur tidak di vacum waktu pemasangan?apa harus dibuang dulu semua isi freonya sebelum divacum,karena kan freon sudah terkontanminasi/tercampur dg udara/kotoran yg mnempel pd pipa,mohon solusinya pk..soalnya takut kompresor jebol,syang msih baru nih acnya,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya toko penjualnya jg tuuh.. kan udah tau freon r32 kok pipa yg dikasih gak sesuai..???

      Delete
    2. buat ibu yunia...sebaiknya cek dahulu apakah kompresor masih dalam kondisi oke, Karena biasanya kompresor overload atau paling parah ya jebol. Tapi tidak ada salahnya untuk di coba. Buang freon, vacum kembali dan isi fron lagi. Jangan lupa ganti pipa dengan yang sesuai.

      buat bpk seo ari. Iya benar masukan bapak, kadang toko ac terlalu mau banyak ambil untung. Jadi pipa dikasih yang biasa. hehe. Bukan bermaksud menjelakan, tapi memang ada yang seperti itu

      Delete
  2. Mantappp sekali penjelasan nya , sy jg pasang ac inverter tdk di vacum , setelah 1.5 thn ac tdk dingin , fan outdoor tdk berputar , sy panggil tehnisi pabrik nya , diganti pcb indoor msh tetap sama , tdk dingin dan fan out door cuma ber putar 2 menit trus mati. Technisi ac bilang pcb outdoor nya nih jelek , setelah pcb outdoor diganti tp ac sy telah sy ganti baru dgn merk lain . Niat sy mau pasang di tempat lain tp msh ragu2 apakah ac nya sdh ok apa blm , pertanyaan dr sy , boleh kah sy coba tp ac tsb dipasang sementara trus kl udh ok baru dipasang yg fix tanpa di vacum terlebih dahulu , sy mau coba kira2 15 menit , kl sdh ok baru ditaro ditempat yg fix dan di vacum , terima kasih atas pencerahan nya.

    ReplyDelete
  3. Mantappp sekali penjelasan nya , sy jg pasang ac inverter tdk di vacum , setelah 1.5 thn ac tdk dingin , fan outdoor tdk berputar , sy panggil tehnisi pabrik nya , diganti pcb indoor msh tetap sama , tdk dingin dan fan out door cuma ber putar 2 menit trus mati. Technisi ac bilang pcb outdoor nya nih jelek , setelah pcb outdoor diganti tp ac sy telah sy ganti baru dgn merk lain . Niat sy mau pasang di tempat lain tp msh ragu2 apakah ac nya sdh ok apa blm , pertanyaan dr sy , boleh kah sy coba tp ac tsb dipasang sementara trus kl udh ok baru dipasang yg fix tanpa di vacum terlebih dahulu , sy mau coba kira2 15 menit , kl sdh ok baru ditaro ditempat yg fix dan di vacum , terima kasih atas pencerahan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba boleh saja bpk. tapi sebaiknya tetap di vacum dulu

      Delete
  4. Maaf mau nanya. Kalau ac di vacum itu berlaku hanya untuk pemasangan baru atau berlaku untuk pengisian juga?

    ReplyDelete
  5. Tadi saya telpon teknisi ac katanya kalo Ac dengan Freon R32 yang hanya bisa divakum itu merk Daikin. Apa ini benar? Bagaimana dengan nasib ac merk lainnya?

    ReplyDelete
  6. Apakah semua ac harus di vakum?

    ReplyDelete
  7. Untuk pemasangan unit baru pada ac gree kalau tidak di vacum,jangka brp bulan ac akn mengalami kerusakan

    ReplyDelete
  8. Kalau AC saya terlanjur dipasang ( namun tidak di akun ) dengan pipa bekas yang sama yaitu R32 namun kalau kendala yang terjadi kalau di nyalakan tidak ada perangkat yang boleh dipasang, namun kalau malam hari normal saat AC nyala, kulkas nyala, trafo accu 2 ampere nyala. Pertanyaan nya solusinya bagaimana buat AC saya tersebut karena baru terpasang 1 Minggu. Trims atas bantuannya.

    ReplyDelete
  9. Maaf saya juga mau tanya ni kebetulan td sore saya pasang ac daikin watt standar..pas saya tanya d vakum atau tidak katanya sudah d vakum secara manual dengan d buang sedikit isi gas freon r32 nya...karena mereka lupa bawa alat vakum nya jdi tidak d vakum secara normal seperti biasa...dan karena saya ngotot untuk minta vakum katanya mereka bsk dtg lgi untuk vakum secara benar..dan mereka minta jangan d nyalain dulu ac nya..kira2 klo seprti itu apa tidak masalah?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.